Kamis, 15 Mei 2008

kuliah terakhir ;)

alhamdulillah..

hari ini adalah hari terakhir kuliah menurut kalender akademik itb. tapi menurut kalender akademikku, hari terakhir kuliah (bedakan dengan kegiatan akademik lainnya ya, kuliah = berada di kelas bersama teman-teman dan dosen) adalah rabu kemarin. kerennya, kuliah hari rabu itu adalah penutup yang baik. kenapa baik? kuliah terakhir kemarin ditutup oleh presentasi dari bu chika, mahasiswi s3 STEI. beliau menjelaskan tentang aplikasi dari materi matakuliah topik dalam matematika aljabar yang selama ini kulalui bersama teman-teman tersayang, really guys!! ;).

percaya-lah kawan, kuliah itu sangat membuka mataku (calon mathematician sukses -amiin- yang belum banyak tahu aplikasi ilmunya). beliau menjelaskan tentang aplikasi ECC (Elliptic Curve Cryptography) dan keunggulannya dibandingkan dengan tools secret sharing lainnya semacam RSA. jadi, ECC ini bisa dipakai untuk sistem keamanan (berbagi rahasia). contohnya e-mail, semua orang bisa tahu alamat e-mail kita tapi belum tentu bisa menebak passwordnya kan? nah alamat e-mail adalah kunci publik sedangkan passwordnya adalah kunci milik pribadi. sampai sekarang, hacker masih kesulitan mencari crack bila kita memilih kunci menggunakan ECC dan waktu yang dibutuhkan untuk men-encode kunci lebih efisien dibanding RSA (RSA itu singkatan apa ya.. lupa!).

yang lebih keren lagi, kami hanya mempelajari the theory of algebraic number di matakuliah topik dalam aljabar II (sering bikin geleng-geleng kepala di kelas dan sedikit stress karena kecepatan mengajar bu intan sering tak dapat ku kejar). sedangkan ECC ini, gabungan materi dari matakuliah koding dan topik dalam matematika diskrit II. wah, matematika banget ternyata!!

berkali-kali bu chika memuji kehebatan matematika saat memberi kuliah kemarin;)

jadi tambah semangat untuk terus belajar-belajar-belajar dan belajar..

ups, mesti ngerjain tugas dari bu intan bersama teman-temanku. dari 8 soal baru selesai 4 soal, 3 soal lainnya udah ada hint, tinggal no 5 aja yang masih blank (dan dia beranak cucu..).

ganjar ma rito dimana ya?

oia, sebenarnya ada yang masih tak kumengerti dari elliptic curve ini. pendefinisian penjumlahan yang jadi satu algoritma panjang sendiri, dan titik nolnya. menurut definisi, titik nolnya itu adalah 'point of infinity' yang terletak di bidang proyeksi (menuntut kesempurnaan sekali). namun, hasil penjumlahan P+P = 0 juga (P itu titik yang berpotongan dengan sumbu x). hm..

3 komentar:

machmoey mengatakan...

Wah apa itu EEC,kalo bisa cracking passwd asyik juga,heu2.
Hati2 saja jatuh ke tangan2 yg tidak bertanggung jawab.
Kuliah terakhir, seperti yg mau berpisah aja,emangnya tuan putri mau pergi kemana?

Kayanya rieut aljabar teh.
Matematika mah cukup sampai matek II saja.

gagan mengatakan...

insyaAllah kuliah terakhir di S1

aljabar emang rieut tapi menantang lho, terkadang menyebalkan, tapi akhirnya bikin lega ;)

Anonim mengatakan...

hello tuan putri,

senang skali membaca komennya tentang saya di sini.

mungkin kapan2x kita bisa diskusi lagi ya.

-chika-